Cara Backup Data WhatsApp Mod ke Penyimpanan Ponsel dan Google Drive

Backup WhatsApp mod sangat penting untuk Anda lakukan agar data yang telah tersimpan di dalamnya seperti chat, media, stiker, log panggilan, dan lain-lain bisa aman jika suatu saat terjadi masalah yang tidak diinginkan. Artikel Mangidik kali ini akan membahas bagaimana cara backup data WhatsApp mod tersebut.
backup whatsapp mod
Backup data WhatsApp mod selain untuk mengamankan data tersebut, juga sangat dibutuhkan ketika Anda ingin beralih ke aplikasi WhatsApp Messenger atau ke WhatsApp mod yang lain.
Dengan sedikit pengaturan, file backup WhatsApp mod tersebut nantinya bisa terbaca dan dipulihkan di aplikasi WhatsApp Messenger, sehingga Anda tidak akan kehilangan chat, media, log panggilan, maupun data yang lainnya. Kunjungi artikel cara transfer data WhatsApp ke YoWhatsApp untuk bahasan lebih lengkap mengenai hal ini.
Seperti yang Anda tahu, aplikasi WhatsApp mod saat ini ada banyak sekali pilihannya, seperti YoWhatsApp, GBWhatsApp, FMWhatsApp, WhatsApp Aero, dan lain-lain. Namun tahukah Anda, ternyata cara backup semua aplikasi WhatsApp mod tersebut tutorialnya sama saja, lho.
Lalu, bagaimanakah cara backup WhatsApp mod? Sama halnya pada WhatsApp Messenger, backup WhatsApp mod juga bisa Anda lakukan ke penyimpanan internal ponsel maupun secara online ke Google Drive. Berikut tutorialnya.

Cara Backup Data WhatsApp Mod

Backup WhatsApp Mod ke Penyimpanan Ponsel

cara backup whatsapp mod
Untuk menyimpan backup WhatsApp mod ke penyimpanan ponsel, tutorialnya tidak jauh berbeda seperti Anda mencadangan chat pada aplikasi WhatsApp Messenger. Berikut langkah-langkahnya.
  • ‌Buka aplikasi WhatsApp mod Anda.
  • Ketuklainnyadan pilih Setelan.
  • Pilih dan buka setelan Chat.
  • ‌Pilih menu Cadangan chat.
  • ‌Ketuk tombol Cadangkan.
  • ‌Tunggu sebentar hingga proses mencadangkan pesan selesai hingga 100%.
Jika Anda bertanya-tanya dimana letak file backup WhatsApp mod tersebut tersimpan, Anda bisa menemukannya di penyimpanan internal dan di sebuah folder dengan nama sesuai nama aplikasi WhatsApp mod yang Anda gunakan.
Sebagai contoh, saya menggunakan aplikasi WhatsApp mod YoWhatsApp, maka file backup tersebut tersimpan di folder bernama “YoWhatsApp” di penyimpanan internal.

Backup WhatsApp Mod ke Google Drive

whatsapp mod backup google drive
Adapun untuk WhatsApp mod backup Google Drive, Anda tidak bisa melakukannya dengan sekali klik sebagaimana pada WhatsApp Messenger. Kenapa begitu? Hal ini karena saat ini belum ada WhatsApp mod yang bisa backup ke Google Drive.
Meskipun begitu, WhatsApp mod bisa backup ke Google Drive dengan cara manual. Artinya, Anda yang mengunggah sendiri folder backup WhatsApp mod yang tersimpan di penyimpanan internal sebelumnya.
Untuk tutorialnya, silahkan Anda kunjungi artikel saya di blog yang lain tentang cara backup GBWhatsApp ke Google Drive. Meskipun di sana saya menggunakan GBWhatsApp, namun Anda juga bisa mempraktikkannya pada semua aplikasi WhatsApp mod yang ada saat ini.

Kesimpulan

Backup WhatsApp mod bisa Anda lakukan dengan dua cara, yakni ke penyimpanan ponsel maupun ke Google Drive. Cara backup data WhatsApp mod ke penyimpanan ponsel langkah-langkahnya sama sebagaimana WhatsApp Messenger, sedangkan untuk WhatsApp mod backup Google Drive hanya bisa Anda lakukan secara manual karena belum ada aplikasi WhatsApp mod yang bisa backup ke Google Drive.
Demikianlah bagaimana cara backup WhatsApp mod yang bisa Anda praktikkan. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

1 thought on “Cara Backup Data WhatsApp Mod ke Penyimpanan Ponsel dan Google Drive”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page